Kubah masjid ACP atau Aluminium Composite Panel adalah satu diantara bahan untuk buat kubah masjid baja ringan diluar itu bahan ACP ini dapat juga digunakan untuk bahan bangunan interior mau pun eksterior, bangunan bergedung, SPBU, toko, serta lain lainnya. Bahan ACP ini mempunyai kelebihan seperti beratnya yang ringan namun walau ringan bahan ini mempunyai kekuatan yang kian lebih tinggi, diluar itu juga tahan pada karat. Bahan ACP ini mempunyai karakter yang keras dan kaku serta bahan ACP ini dilapis dengan aluminium hingga bisa diwarna dengan warna apa pun. harga kubah masjid bahan ACP ini lumayan terjangkau diluar itu dengan harga yang cukup terjangkau dapat juga menaikkan kesan mewah disuatu masjid. Dengan pengetahuan arsitektur dan desain yang sudah berkembang pada sekarang ini jadi tidak heran bila desain yang dibuat oleh seseorang arsitek juga makin beragam, baik dari bagian bentuk, ukuran, ataupun corak desainnya. Dengan beragam bagian itu dapat juga memengaruhi harga kubah tersebut, diluar itu spesifikasi dan kualitas yang didapatkan juga turut memperhitungkan harga kubah itu.

Susunan Kubah Masjid ACP

Kubah Masjid ACP (Aluminium Composite Panel) ini memiliki susunan bahan yang cukup aman digunakan. Bahan ini enteng dan kuat karna sifatnya yang non toksik, dan tidak beracun. Bahan ACP ini bisa kurangi kebisingan dan bisa kurangi suhu udara yang tinggi dalam sebuah ruangan. Diluar itu bahan Acp ini awet karna sudah dilapis dengan susunan cat poliester.

Histori Kubah Masjid

Kubah yaitu satu diantara keunikan dari satu bangunan masjid, walau pada intinya tiap-tiap bangunan masjid tidak mesti memakai kubah namun arsitektur kubah itu sudah jadi satu keunikan pada masjid, jadi bila ada masjid yg tidak menggunakan kubah seperti ada yang kurang pada bangunan masjid itu.

Pada intinya bangunan kubah sudah digunakan mulai sejak 6 ribu th. waktu lalu, dan kubah juga telah digunakan pada bangunan yang bergedung jadi dekorasi eksterior. Di Indonesia sendiri kubah sudah di kenal mulai sejak masa ke 19 masehi serta untuk di pulau jawa sendiri kubah mulai di kenal pada saat pertengahan ke 20 masehi. kubah sendiri tidak berakar langsung dari kaum muslim tetapi kubah dulunya sempat juga digunakan untuk dekorasi pada bangunan peribadatan umat non muslim. Kubah mulai dikenalkan oleh kaum muslim saat kubah mulai digunakan pada bangunan masjid yang berada di Yerussalem yakni masjid Qubbat as Sakrah.

Dan dari situlah kubah mulai dipandang jadi arsitektur bangunan yang digunakan pada bangunan masjid sekarang ini. Masjid yang menggunakan arsitektur kubah ataupun tidak juga tidak jadi problem karna pada intinya tiap-tiap pembangunan tempat untuk melaksanakan ibadah mesti mempunyai tujuan untuk digunakan melaksanakan ibadah tanpa ada melihat bentuk ataupun arsitektur pada bangunan itu.

Dengan terdapatnya kubah pada masjid juga mempunyai peranan seperti memudahkan orang untuk ketahui kehadiran suatu masjid yang di lihat dari kejauhan, diluar itu kubah juga bertindak untuk penandah arah kiblat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *