KONTRAKTOR KUBAH MASJID-Masjid yang di bangun oleh seorang sultan yang bernama Sultan Maulana Hassanuddin, seorang putra dari Sunan Gunung Jati pada sekitaran tahun 1552 sampai di tahun 1570 masehi, sebuah bangunan masjid yang juga memiliki halaman yang juga sangat luas serta di hiaskan dengan banyak tanaman yang memiliki bunga bunga flamboyan.

 

Tak asing lagi mendengar kata “Banten”  yang banyak meninggalkan banyak sekali sejarah dan sejarah tersebut di bukukan yang di dalamnya mengenai pengaruh pengaruh ajaran ajaran islam di kota banten lama. Banyak masyarakat banten menyebut kota banten dengan banten lama .

 

Nama seorang sultan yang tertera di atas yakni sultan maulana hasanuddin yang juga merupakan Seorang Sultan yang sangat di kenal banyak masyarakat dan di karenakan beliau  yang pertama kalinya menyebarkan sebuah agama yakni agama islam di banten. Sebuah bangunan masjid yang bernama masjid agung banten yang juga merupakan banyak cerita cerita sangat bersejarah untuk peninggalan peninggalan dari kesultanan banten

 

Pada saat hari hari yang penting seperti hari perayaan maulid Nabi Muhammad Saw masjid banten sangat di penuhi oleh para jamaah maupun para peziarah yang jumblahnya mencapai ribuan orang yang juga berasal dari banyak daerah misalnya dari bogor, jakarta, banten, bekasi , sukabumi, purwakarta, sampai bandar lampung

 

Dalam sejarahnya sendiri pendiri dari masjid Agung banten yang pada awal mula berasal dari sebuah instruksi dari Sultan Gunung Jati kepada seorang anaknya yang memiliki nama hasanuddin , pada saat itu Sunan gunung jati memrintahkan kepada anaknya yang bernama  hasanuddin untuk mencarikan tempat atau sebidang tanah pada sebuah tempat dan tanah tersebut adalah tanah yang masih suci yang nantinua tanah tersebut di gunakan

Untuk sebuah pembangunan kerajaan banten.

 

Setelah anaknya yang baernama hasanuddin mendapati perintah tersebut yang di lakukan oleh hasanuddin adalah sholat dan juga bermunajat kepada Allah supaya cepat di beri petunjuk sebagaimana tentang tanah yang di perintahkan oleh ayahnya yang di gunakan untuk mendirikan kerajaan banten, secara langsung air laut yang tempatnya berada di sekitarnya tersebut terkesibak berubah menjadi daratan.

 

Pada lokasi tersebutlah hasanuuddin memulai untuk mendirikan sebuah kerajaan banten yang di lengkapi juga dengan sarana sarana yang lainnya seperti : bangunan masjid, alun alun banten, dan juga pasar.pasar sendiri merupakan ciri tradisi dari kerajaan islam pada masa lalu. Masjid pertamanya adalah masjid agung banten lama yang juga pada saat ini masih tetap terawat dan terjaga dengan baik.

 

Masjid agung banten juga merupakan simbol dari kejayaan islam  pada masa itu. Masjid yang di bangun pada era awal masuknya islam ke pulau jawa yang memiliki arsitektur dan memiliki rancangan dan juga pula di kerjakan oleh Raden Sepat.

Asemoga bermanfaat untuk semuanya dan terimakasih sedah membaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *